Pengenalan Stored Procedure



Stored Procedure



Stored Procedure

Stored procedure (stor-proc) adalah sekumpulan perintah-perintah SQL yang tersimpan dengan nama tertentu dan diproses sebagai sebuah kesatuan. Secara sederhana dapat dikatakan sebagai sebuah sub-program yang tersimpan di database. Prosedur yang paling sering digunakan adalah stored procedure yang berawalan sp, dan extended stored procedure (xp), program yang dikompilasi sebagai EXE atau DLL (Dynamic Link Library).

Karakteristik Stored Procedure
  • Menerima parameter sebagai input dan mengembalikan nilai-nilai dalam bentuk parameter output kepada yang memanggilnya.
  • Mengandung perintah-perintah program yang melakukan operasi didalam database, termasuk memanggil prosedur lainnya.
  • Mengembalikan suatu nilai status pada pemanggilnya untuk mengindikasikan kesuksesan atau kegagalan prosedur dan alasan mengapa prosedur tersebut gagal.
Keuntungan Menggunakan Stored Procedure

Keuntungan-keuntungan menggunakan stor-proc (menyimpan kode program di database) dibandingkan dengan menyimpan kode program di aplikasi adalah :
  • Pemrograman menjadi lebih modular
    Prosedur hanya dibuat sekali, disimpan dalam database, dan dapat dipanggil berulang kali dari program/interface seperti visual basic, delphi, dll (reusability). Stor-proc dapat dimodifikasi tanpa harus mengubah kode program yang memanggil stor-proc tersebut (modifiable).
  • Eksekusi program akan menjadi lebih cepat
    Menjalankan program untuk mengakses database tentu saja akan lebih cepat jika dilakukan didalam database itu sendiri.
  • Mengurangi lalu lintas jaringan
    Efek dari penggunaan stor-proc akan lebih terasa jika menggunakan aplikasi client/ server yang mengakses database di komputer (host) lain, dengan hanya mengirimkan stor-proc saja jauh lebih cepat prosesnya daripada mengirimkan baris-baris perintah SQL yang ada di kode program interface (perintah-perintah query yang diketikkan di VB).
  • Dapat digunakan untuk mekanisme keamanan
    User dapat diberi hak untuk menjalankan stor-proc walaupun user tersebut tidak memiliki hak untuk menjalankan perintah-perintah query yang ada didalamnya.

  • Stored procedure mencegah terjadinya SQL injection.
  • Penggunaan stored procedure mendukung penggunaan application role. Application role adalah sebuah role di SQL server 2k dimana role ini tidak memiliki pengguna. Mekanisme ini merupakan mekanisme standard yang disarankan oleh Microsoft untuk membuat applikasi database berbasis SQL server 2k. Keunggulan penggunaan application role ini adalah dengan menggunakannya maka hanya app kita yang dapat mengakses database applikasi lain tidak dapat kecuali user memakai login yang berrole sysadmin 
    Untuk download modul stored procedure dengan query analyzer dan enterprise manager(GUI), klik disini
    Semua Artikel di Blog ini boleh dicopy,disalin,dibajak,diketik sendiri, difoto dll asal tetap mencantumkan link http://kumpulantipskomputer.blogspot.com/
 
Copyright 2010 News Tutorials. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman