GECKO WEB ENGINE ADALAH

Gecko adalah web engine yang dikembangkan Mozilla Corporation, Yang dikenal sebagai web engine web browser Firefox, web engine ini ditulis menggunakan bahasa C yang memungkinkan berjalan di semua platform system operasi seperti platform Windows 95, 98, 2000, XP dan Mac dan Linux OS. Web engine ini berfungsi untuk membaca text HTML,Javascript,web content,rendering di dalam layar pengguna. Gecko mampu mengembangkan berbagai aplikasi berbasis API seperti web browsers, content presentation, and client/server
Pengembangan web engine Gecko sekarang dikenal sebagai Netscape dimulai pada tahun 1997, setelah membeli dari perusahaan DigitalStyle. Pengembangan web engine sekarang dikenal sebagai Gecko dimulai pada Netscape di Tahun 1997. Web engine yang ada di Netscape, awalnya ditulis pada Netscape Navigator 1.0 dan ditingkatkan selama bertahun-tahun, secara luas dianggap lebih rendah daripada yang digunakan di Microsoft Internet Explorer. Dan akhirnya pada tahun 1998 dibangunlah Firefox dengan lisensi GNU. Dan sekarang sudah mendapat sambutan yang positif dari masyarakat apalagi dengan berkembangnya open source didunia. Nama asli untuk mesin ini adalah Raptor dan kemudian NG Layout, keduanya berubah karena masalah merek dagang.

Gecko digunakan di web browser, terutama Firefox. Hal ini juga digunakan di web browser Mozilla turunan lainnya seperti Camino, Flock, SeaMonkey, K-Meleon, Netscape dan versi Internet Explorer yang berjalan di bawah Wine . Software image viewing Google Picasa (untuk Linux) juga berdasarkan Gecko. Devhelp, sebuah GTK + / GNOME browser untuk dokumentasi API, menggunakan Gecko untuk rendering docs.
Gecko menggunakan Cairo untuk melakukan rendering grafis. Cairo sendiri juga ditulis menggunakan bahasa pemrograman C namun dimungkinkan untuk pengembangan menggunakan bahasa pemrograman yang lain. Dengan adanya Cairo maka memperbanyak dukungan grafis termasuk font ke dalam web browser yang menggunakan Gecko.
Gecko memiliki sebuah fasilitas bernama XUL. XUL sendiri merupakan redering user interface framework yang berbasis XML XUL masih digunakan untuk membuat user interface dan juga fasilitas lain yang ada di Firefox seperti Extention dan Add-ON.
Selain itu Gecko juga menggunakan sebuah komponen yang diberi nama XPCOM. XPCOM ini adalah sebuah modular berkemapuan tinggi dan melakukan compiling pada web engine Gecko ini. Namun pada kenyataanya XPCOM ini membutuhkan resource pada computer yang besar apalagi XUL juga membutuhkan resource yang besar pula. Sehinnga pada pengembangan Firefox 4 yang menggunakan Gecko versi 2.o XPCOM ini mulai di bersihkan dalam web engine tersebut. Karena jelas tujuanya untuk membuat Firefox bisa berjalan dengan resource yang rendah

Fasilitas Standart yang di support Gecko
§ HTML4 (partial support for HTML5)
§ CSS Level 2.1 (partial support for CSS 3)[4]
§ JavaScript 1.8 (ECMAScript 3, and partial support for ECMAScript 5), implemented in SpiderMonkey
§ DOM Level 1 and 2 (partial support for DOM 3)
§ XML 1.0
§ XHTML 1.0
§ XSLT and XPath, implemented in TransforMiiX
§ XForms (via an official extension)
§ RDF
§ Supports SVG 1.1
§ Supports DOCTYPE switching

Gecko merupakan web engine yang popular saat ini. Dengan segala fasilitas yang dimilikinya web ini mampu menarik minat para pengembang web browser untuk menggunakan web engine ini. Gecko memiliki kelebihan dalam menerjemahkan text dengan lebih cepat dan dukungan terhadapa berbagai jenis font yang ada, selain itu Gecko juga mendukung doctype switching. Namun Gecko memiliki beberapa kekurangan yaitu memerlukan pengalokasian memori computer yang besar saat menjalankannya. Namun Gecko terus dikembangkan agar tetap berjalan dengan resource yang rendah namun dengan kinerja yang tinggi.
 
Copyright 2010 News Tutorials. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman