PENGENALAN LINUX, GNOME, DAN APLIKASINYA


Ini adalah tugas praktikum kuliahku, jadi buat teman-teman yang ingin lihat jawabannya silahkan saja. kalau ada jawaban yang kurang tepat mohon perbaikannya, Ok :)

dan Jangan Lupa Tinggalkan Komentar yo....

 

 A. Tujuan

Setelah praktikum ini, diharapkan dapat:

1.Memahami Open source, GNU, dan Organisasi Open Source yang berkembang di internet
2. Memahami alasan pemilihan Linux sebagai Sistem Operasi Open Source
3. Memahami Dekstop Manajer di Linux.
4. Memahami Aplikasi di Desktop GNOME.

 B. Peralatan Praktikum


PC dengan sistem operasi GNU/Linux berbasiskan GNOME

 C. Praktikum


1. Jelaskan apa itu Linux!
Linux adalah sistem operasi open source berbasis UNIX yang dapat berjalan di berbagai macam perangkat keras terutama di PC berbasis Intel x86. Dikatakan berbasis UNIX karena Linux dikembangkan menurut standar yang dimiliki UNIX dan kemampuan yang sama dengan UNIX. Artinya Linux memiliki kemampuan baik sebagai server maupun workstation layaknya UNIX. 

2. Jelaskan pengertian dari Open Source dan apa itu Free and Open Source Software (FOSS)!

OpenSource adalah Metode Pendistribusian Perangkat lunak yang tidak berlisensi, tersedia secara bebas/gratis, boleh digunakan oleh siapa saja disertai dengan kode-kode program yang dapat dibuka dan dipelajari alur kerjanya, sehingga diperbolehkan untuk bebas diubah dan dikembangkan guna memperbaiki kelemahan- kelemahan yang terjadi.

Sedangkan

Free and Open Source Software (FOSS) adalah perangkat lunak yang didistribusikan dengan menggunakan metode open source.

3. Kenapa di Linux tidak mengenal drive C, D, E ?

Disinilah perbedaan cara organisasi file dari Linux. Kita bisa katakan bahwa /etc, /boot, dll itu adalah ‘partisi’ seperti yang dikenal dalam Windows (walaupun tidak sama persis. Sebab Windows hanya mengenal 1 partisi utama dan partisi extended. Sedangkan di dalam Linux kita bisa membuat direktori atau partisi itu sangat banyak). Jadi /etc, /boot, /home itu bisa dikatakan sebagai partisi, tetapi jangan
mengunci dalam pengertian filesystem Windows.

Sebenarnya kita bisa saja membuat direktori bernama ‘C’ atau ‘D’, tapi hal ini tidak ada gunanya atau hubungannya dengan organisasi file/direktori dalam Linux.
Dalam Linux, file-file dikelompokkan lebih berdasarkan fungsi, jadi misalnya: semua file konfigurasi akan berada dalam direktori /etc. Sedangkan Windows menggolongkan file berdasarkan Program, Misalnya program WinZip, maka boleh dibilang semua file program WinZip akan berada dalam direktori C:/Program Files/Winzip (kecuali bila diinstall dalam direktori lain).

sumber: http://afiftkj.wordpress.com/pengertian-linux/

4. Jika anda memiliki Virus di Windows seperti Brontok (atau virus lain), pindahkan virus tersebut ke Linux, terinfeksikah Linux ? silahkan jelaskan analisa anda :

linux dan Windows kernelnya sangat jauh berbeda ...jadi sudah jelas kalau virus windows gakan jalan di linux tapi ini bukan berarti tidak ada virus under linux, para pembuat virus pun kebanyakan males aja kalau membuat virus under linux, karena pemakai linux jarang berasal dari orang yang awam komputer sehingga korban yang terinfeksi juga sedikit, kalau windows kan semua kalangan pun bisa jadi usernya....

5. Jelaskan pemahaman anda tentang GNOME & KDE :
K Desktop Environment (KDE) adalah sebuah lingkungan desktop grafis open source untuk Unix. KDE memiliki Graphical User Interface(GUI) yang lengkap  dan mencakup file manager, sebuah window manager, help system, configuration system, tools dan utilities, dan beberapa aplikasi lainnya. KDE berjalan pada banyak ragam sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. Terdapat pula versi KDE untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin.

Sedangkan

GNOME adalah Graphical user Interface (GUI) dan perlengkapan aplikasi desktop komputer untuk pengguna sistem operasi Linux. GNOME diciptakan agar sistem operasi Linux mudah digunakan oleh orang-orang yang bukan dari kalangan programmer. GNOME menyerupai interface desktop Windows. GNOME memungkinkan pengguna komputer untuk memilih satu dari beberapa tampilan desktop yang ada. Dengan GNOME, user interface komputer dapat dibuat agar terlihat seperti Windows 98 atau bahkan seperti Mac OS.

Semoga Kumpulan Tutorial Komputer ini Bermanfaat.
 
Copyright 2010 News Tutorials. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman