Tutorial Penggunaan Syntax Pencarian Google


1. Syntax OR pada google berfungsi untuk melakukan pencarian halaman, yang setidaknya berisi salah satu dari   keyword atau kata kunci. Sebagai contoh, kita memberikan kata kunci SepakBola OR Basket, maka google akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata SepakBola atau Basket.

2. Syntax string (+) berfungsi untuk melakukan pencarian secara paksa (hal yang penting) terhadap huruf yang serupa. Dan google akan mengabaikan kata-kata umum. Untuk melakukan pencarian yang penting, kita dapat menambahkan (+) di depan kata kunci. Contoh syntaxnya saat kita memasukkan:

kata kunci : download free, maka kata free akan dicari seperti biasa
kata kunci : download +free, maka kata free akan dianggap lebih penting dari kata download

3. Syntax string (-) berguna sebagai pengecualian dari kata kunci tertentu, contohnya bila kita ingin mencari kata hacker dengan tidak mengikutsertakan cracker, maka kita dapat memasukkan kata kunci hacker-cracker

4. Syntax dengan tanda * (asterisk) melambangkan segala huruf dan mendukung pencarian dalam segala kalimat. Misalnya, kita memasukkan kata kunci ilmu * photoshop, maka hasil dari pencarian itu dapat bervariasi, misalnya belajar ilmu photoshop.

5. Syntax dengan Tanda (“”) berfungsi mencari kata yang lengkap dan juga berguna untuk mencari sebuah susunan kata tertentu dengan sangat tepat.

6. Syntax denganTanda (?) berguna untuk mencari suatu direktori. Sebagai contoh, kita ingin mencari sebuah direktori yang mengandung file-file gambar, maka kita dapat memakai kata kunci ?intitle:index.of? jpg site: .id. Dengan demikian akan muncul hasil direktori yang berisi file gambar pada suatu website yang berakhiran domain .id

7. Syntax intitle: berguna untuk mencari kata-kata dari judul atau title dari suatu dokumen website. Sebagai contoh kita memberikan kata kunci sebagai berikut:

Intitle:Jakarta

Kata kunci tersebut akan menghasilkan pencarian dengan judul halaman Jakarta

8. Syntax Allinurl: google akan melakukan pencarian data dalam syntax URL tertentu. Sebagai contoh, bila kita memasukkan kata kunci allinurl:index.jsp, maka google akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata-kata index.jsp disemua URL.

9. Syntax Filetype: kata kunci tersebut dipakai untuk melakukan pencarian atas jenis file tertentu yang berisi informasi yang kita inginkan. Jenis format file tersebut di antaranya adalah PDF, TXT, DOC, XLS, HTML, PHP, SWF, RTF, PPT, MDB, dan lain-lain. Untuk mencari informasi tentang virus dalam bentuk format PPT, kita dapat memasukkan kata kunci sebagai berikut:

Filetype:PPT “virus”

Google akan menampilkan informasi seputar virus dalam format PPT.

10. Syntax Related: berguna untuk mencari halaman yang memiliki persamaan atau kemiripan isi pada URL tertentu. Misalnya kita ingin mengetahui kesamaan isi facebook.com, maka kita bisa memasukkan keyword related:facebook.com

11. Syntax link: berfungsi mengetahui berapa banyak link dari suatu situs tertentu. Sebagai contoh, bila kita ingin mengetahui banyaknya link dari facebook.com, maka kita dapat memakai keyword link:facebook.com

12. Syntax site: berfungsi mencari dalam suatu website tertentu, dimana google akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan situs tersebut. Contohnya, kita ingin mengetahui isi dari situs google.com, kita bisa memasukkan kata kunci site:google.com. hasil pencarian akan menampilkan semua yang tersimpan pada google.com

13. Syntax cache: dalam hal ini, google akan menampilkan versi sebuah webpage pada saat membukanya, dimana google akan mengambil snapshot dari semua halaman yang telah terindeks. Operator itu membantu melihat halaman-halaman yang telah di-cache. Anda dapat mengetikkannya di google dengan kata kunci cache:kumpulantipskomputer.blogspot.com

14. Syntax define: berguna untuk mencari suatu definisi dari suatu kata atau frasa tertentu. Misalnya kita ingin mencari definisi tentang internet, kita bisa mengetikkan kata kunci define:internet. Selanjutnya google akan menampilkan beragam definisi tentang internet tersebut.

Baca Juga Yang INI

Semoga kumpulan tutorial komputer ini bermanfaat


Kata Kunci saat anda datang:
Syntax Google, Kumpulan Syntax Google, Penggunaan Syntax pencarian, Syntax-Syntax google, Kumpulan Syntax-syntax pencarian, cara menggunakan syntax pencarian, fungsi-fungsi syntax pencarian, macam-macam syntax pencarian google.
 
Copyright 2010 News Tutorials. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman