Tutorial Microsoft Excel 2003 – Cara Memproteksi Dokumen



Anda memiliki sejumlah dokumen yang dibuat melalui Microsoft Excel dan ingin­ memproteksinya sehingga tidak sembarang orang dapat mengakses dan mengu­bah isi dokumen tersebut. Bagaimana langkahnya untuk melindungi dokumen tersebut agar tidak mudah diakses sembarang orang?

Caranya:
Buka dokumen Microsoft Excel yang ingin diproteksi. Selanjutnya, arah­kan mouse ke menu “Tools” dan pilih “Options”. Untuk memproteksi dokumen Microsoft Excel, Anda dapat masuk ke dalam tab “Security”. Setelah itu, Anda dapat menuliskan password yang berguna un­tuk melindingi dokumen Microsoft Excel agar tidak mudah dibuka oleh orang lain ke dalam boks “Password to open”.
Selain itu, Anda juga harus menuliskan sebuah password ke dalam boks “Password to modify”. Password yang di tulis dalam boks Password to modify berfungsi untuk melindungi dokumen agar tidak dapat dimodifikasi oleh orang lain. Setelah semua password Anda masukkan, selanjutnya klik tombol “OK”.  Setelah itu, muncul window “Confirm Password” yang meminta Anda memasukkan password konfirmasi untuk membuka dokumen Microsoft Excel. Dalam window “Confirm Password” ini, Anda dapat memasukkan password konfirmasi yang sama dengan password dalam boks “Password to open” dan klik 

“OK”.

Image

Proteksi: Melindungi dokumen agar tidak mudah dibuka dan dimodifikasi.



Selesai Anda memasukkan konfirmasi password untuk membuka sebuah dokumen, Anda diminta kembali untuk memasukkan password ke dalam window “Confirms Password”. Kali ini, password yang Anda tulis harus sama de­ngan password dalam boks “Password to modify” dan kembali tekan tombol “OK”. Se­karang, dokumen Microsoft Excel yang akan dibuka maupun dimodifikasi te­lah diproteksi dengan pengaman password sehingga tidak mudah dibuka sembarang orang.


sumber: chip.co.id 

Semoga kumpulan tutorial komputer ini bermanfaat
 
Copyright 2010 News Tutorials. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman